“Jokowi”

Di dunia internasional, sudah tak asing lagi dengan kisah tokoh negara atau public figure ternama yang diangkat ke layar lebar. Sebut saja film Lincoln dan Iron Lady yang mengusung tokoh Abraham Lincoln dan Margareth Tatcher. Atau kisah Aung San Suu Kyi lewat film The Lady. Dunia perfilman Indonesia pun tak mau ketinggalan. Setelah sukses menarik penonton dengan film Habibie & Ainun, kali ini muncul lagi sosok fenomenal yang diangkat kisah hidupnya dalam layar lebar. Tokoh yang semula bukan siapa-siapa tetapi sekarang menjadi sesuatu. Yah, itulah sosok lelaki sederhana yang saat ini menjadi idaman masyarakat Jakarta. Siapa yang tidak kenal dengan Gubernur yang tak sungkan ‘blusukan’ ini. Joko Widodo alias Jokowi berhasil menggaet hati rakyat yang telah lama menantikan sosok pemimpin yang ‘membumi’.

Image

Film ini mengisahkan kehidupan keluarga Jokowi dari sebelum Jokowi lahir sampai menjadi pengusaha sukses dan memiliki keluarga. Film karya sutradara Azhar Kinoi Lubis ini mengangkat sebuah realita bagaimana sosok Jokowi sekarang memiliki kehidupan yang jauh berbeda dengan masa lalunya yang susah. Kisah masa kecil Joko Widodo cukup panjang dan menarik. Dikisahkan Jokowi kecil sangat dekat dengan ayahnya. Kalimat yang sangat mengena yang diucapkan ayahnya Jokowi adalah “Lahir sebagai orang miskin itu ndak salah, tapi kalau mati sebagai orang miskin itu yo salah.”

Hal inilah yang memotivasi Jokowi kecil untuk berusaha mengenyam pendidikan demi meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Bagian kedua, kisah asmara Jokowi yang membuat kebahagiaan dan tawa para penonton. Jokowi muda yang beranjak dewasa diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana. Sementara Iriana (kekasih yang akan jadi istri Jokowi) diperankan oleh Prisia Nasution. Dikisahkan juga bagaimana Jokowi muda dangat mengagumi dan menyimpan koleksi penyanyi rock. Bahkan semangat belajarnya muncul karena terinspirasi lagu-lagu rock.

Sampai akhirnya diceritakan bagaimana Jokowi dewasa mulai berupaya mengembangkan sayap sebagai pengusaha di kota Solo. Secara keseluruhan, konsep cerita cukup menarik. Tentu saja dibumbui dengan kisah cinta antara Jokowi dan Iriana. Namun sepintas memang cover filmnya ‘rada mirip’ dengan cover Habibie Ainun yang saling memandang.

Penasaran kan? Ayo intip trailer movienya di http://www.youtube.com/watch?v=9iX9P9UtPoQ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s