Lomba Menulis Cerpen tentang Kisah Kasih & Kisah Gokil Semasa SMA (DL 30 April 2014)

Hai guys, ada tantangan baru buat kalian. Cekidot!

Image

Lomba Menulis Cerita Pendek (1)

“Kisah Kasih di SMA” – KKS 

Total  hadiah 10 Juta untuk 15 pemenang

Ketentuan lomba menulis cerita pendek KKS:

  • Cerita bertema cinta& romantika saat SMA/SMK
  • Panjang cerita maks 3 hal A4
  • Merupakan kisah nyata, tidak harus dari penulis. Boleh menceritakan kisah orang lain.
  • Nama-nama yang dipergunakan boleh fiktif/disamarkan
  • Tidakbermuatan SARA, pornografi dan penyimpangan orientasi seksual
  • Lomba akan ditutup pada tanggal 30 April 2014
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 31 Mei 2014
  • Tersedia hadiah total 10 juta rupiah untuk 15 pemenang.
  • Semua karya pemenang menjadi milik panitia
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • 20 pengirim pertama akan mendapatkan gift cantik.
  • Di luar pemenang, masih akan dipilih 100 cerita yang menarik dan akan diterbitkan.

Cara Pengiriman:

  • Naskah dikirim dalam bentuk print out
  • Gunting kupon Lomba Kisah Kasih di SMA ( berwarna kuning ) yang terlampir dalam novel HatiKedua, dan tempelkan di sudut kiri amplop.
  • Gunting juga formulir LombaKisah Kasih di SMA yang berisi data peserta yang terlampir dalam novel Hati Kedua. Masukkan formulir lomba dalam amplop bersama cerpen yang dilombakan.
  • Semua kupon harus ASLI
  • Kirim ke alamat:

(Tim Kreatif) Penerbit ANDI

Jl.Beo no 38-40, Yogyakarta 55281

Lomba Menulis Cerita Pendek (2)

“Kisah Gokil di SMA” – KGS

Total Hadiah 10 Juta untuk 15 pemenang

Ketentuan lomba menulis cerita pendek KGS:

  • Cerita bertema kisah lucu & gokil saat SMA/SMK
  • Panjang cerita maks 3 hal A4
  • Merupakan kisah nyata, tidak harus dari penulis. Boleh menceritakan kisah orang lain.
  • Nama-nama yang dipergunakan boleh fiktif/disamarkan
  • Tidak bermuatan SARA, pornografi, dan penyimpangan orientasi seksual
  • Lomba akan ditutup pada tanggal 30 April 2014
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 31 Mei 2014
  • Tersedia hadiah total 10 juta rupiah untuk 15 pemenang.
  • Semua karya pemenang menjadi milik panitia
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • 20 pengirim pertama akan mendapatkan gift cantik.
  • Di luar pemenang, masih akan dipilih 100 cerita yang menarik dan akan diterbitkan.

Cara Pengiriman:

  • Naskah dikirim dalam bentuk print out
  • Gunting kupon Lomba Kisah Gokil di SMA (berwarna kuning) yang terlampir dalam novel MataKedua, dan tempelkan di sudut kiri amplop.
  • Gunting juga formulir Lomba Kisah Gokil di SMA yang berisi data peserta yang terlampir dalam novel MataKedua. Masukkan formulir lomba dalam amplop bersama cerpen yang dilombakan.
  • Semua kupon harus ASLI
  • Kirim ke alamat:

(Tim Kreatif) Penerbit ANDI

Jl.Beo no 38-40, Yogyakarta 55281

FYI, novel Mata Kedua dan Hati Kedua wlaau ditulis oleh dua orang tetapi saling berhubungan.

Image

Image

SINOPSIS

Rama adalah seorang siswa tunanetra yang ingin menjalani kehidupan normal seperti remaja lainnya. Cowok yang buta sejak lahir itu berhasil masuk ke SMA negeri di saat seharusnya dia berada di Sekolah Luar Biasa. Semangat yang dimilikinya membuat Rama mampu menyesuaikan diri bahkan memiliki begitu banyak teman. Kesulitan dan kebahagiaan yang dia alami selama di SMA mengantar dia menemukan cinta. Menemukan Rara.

Rara adalah seorang remaja unik yang bersekolah di tempat yang sama dengan Rama. Cewek berkepang satu ini tergolong gadis yang pendiam dan pemikir, tapi dia sangat baik hati dan suka menolong. Dikisahkan dia adalah siswi yang sangat cerdas namun tidak sombong dan selalu gatal ingin membantu orang di sekitarnya. Ya, Rara memang bercita-cita menjadi seorang pahlawan.

Hobi Rara adalah membuat robot dan membetulkan alat elektronik. Tapi, ada satu kegemaran Rara yang ternyata sama dengan Rama, yang bakal mempertemukan mereka berdua, yaitu main video game!

Namun, perjalanan dua remaja ini tidak semulus apa yang terbayangkan. Keduanya harus berjuang menghadapi tantangannya masing-masing.

Rama yang tunanetra kerap kali diremehkan oleh teman-temannya, karena mereka tidak percaya orang buta seperti dia bisa main game atau melakukan kegiatan yang mustahil dikerjakan tanpa penglihatan. Beberapa orang guru pun ternyata tidak bisa menerima Rama sekolah di SMA umum karena beranggapan tunanetra seperti dia hanya menjadi beban saja. Patah hati? Jatuh bangun? Kejedot dan kesetrum? Semua itu harus Rama lalui demi mewujudkan cita-cita dan impiannya!

Tantangan yang dihadapi Rara pun tak kalah beratnya. Ternyata, Rara Menyimpan rahasia besar dalam hidupnya. Ya, sebuah misteri yang pada akhirnya menjadi ujian utama dalam kisah persahabatan dan cintanya  bersama Rama.

———-

TANYA JAWAB

– “Wah! Apa itu novel kembar?” Mata Kedua dan Hati Kedua adalah dua novel yang ditulis oleh dua penulis, yang mengambil inspirasi kisah nyata dua orang remaja. Mata Kedua ditulis oleh Ramaditya Adikara, dan Hati Kedua ditulis oleh Achi TM. Keduanya terbit dan hadir di toko buku dalam waktu yang bersamaan.

– “Oh, gitu! Apakah Mata Kedua dan Hati Kedua saling berhubungan?” Yup, itu kenapa disebut novel kembar, soalnya Mata Kedua dan Hati Kedua memang saling mengisi satu sama lain. Misalnya nih, kamu sudah baca Mata Kedua, maka kamu perlu membaca juga Hati Kedua untuk melengkapi ceritanya.

– “Jadi, meskipun berhubungan ceritanya, Mata Kedua dan Hati Kedua dijual terpisah ya?” Nah, ini serunya! Mata Kedua dan Hati Kedua itu seperti kekasih. Mereka satu pasangan. Jadi, kalau kamu beli Mata Kedua di toko buku A misalnya, tapi nggak menemukan Hati Kedua di sana, berarti kamu harus memburu pasangannya di toko buku lain.

– “Lho, kalau memang ceritanya berhubungan, kenapa nggak sekalian digabung jadi satu novel?” Memang sih, lebih asyik kalau Mata Kedua dan Hati Kedua disatukan. Tapi, penulis ngerti banget bagaimana kondisi keuangan sebagian besar remaja. So, penerbit sengaja memisah novelnya jadi dua buku supaya bisa diperoleh dengan cara dicicil (beli salah satunya). Tapi jangan kuatir! Nanti bakal tersedia kok edisi khusus Mata Kedua dan Hati Kedua dalam satu novel! Ditunggu aja, ya! :)

– “Novel ini terinspirasi dari kisah nyata, ya? Berarti ceritanya 100% real?” Memang sebagian besar cerita dalam novel kembar ini adalah kisah nyata. Nah, disebut “terinspirasi,” karena di dalamnya tetap dimasukkan unsur-unsur fiksi sebagai pemanis cerita. Ya, kira-kira 80% real deh!

– :80% real? Jadi yang 20% itu fiksi ya? Jelasin, donk!” Seperti kamu tahu, novel kembar ini mengambil inspirasi kisah hidup salah satu penulisnya, yaitu Ramaditya Adikara. Selain Rama, ada satu orang lagi yang kisah hidupnya tertuang di novel kembar ini, yaitu Rara. Nah, Mbak Achi TM yang sudah berpengalaman membuat berbagai cerita fiksi pun menuangkan versi fiksi dari kehidupan Rara dalam Hati Kedua. Mas Ramaditya Adikara tentunya harus menyesuaikan tulisannya dengan Mbak Achi tanpa banyak mengubah-ubah kisah hidup yang ia tuangkan. So, BOOM! Jadi, deh!

– “Ih! Kok di dalam novelnya ada namaku? Terus, kok ada nama sekolahku juga, seeh!?” Nah, seperti sudah dijelasin di atas, kalau di dalam novel ini juga mengandung unsur fiksi. Contohnya aja nih, nama sekolah dan beberapa orang tokoh bukanlah nama sebenarnya. Jadi, kalau ada penamaan atau peristiwa yang kebetulan sama persis dengan nama orang lain atau peristiwa di tempat lain, itu semua terjadi secara kebetulan saja.

– “Kalau aku mau bikin fan fiction, cerita pendek, dll dst apakah bisa?” Of course bisa! Kamu bisa bikin cerpen, fan fiction, musik, gambar, video clip, atau apapun yang berhubungan dengan novel kembar ini! Kirim aja ke salah satu penulisnya (data lengkapnya lihat di halaman Kontak Penulis). Buat sebagus-bagusnya supaya karyamu dimuat di situs ini. Pssst, bakal ada hadiah menarik lho, so stay tuned!

– “Musik? Video clip?” Yap! Siapa tahu aja kamu kepilih untuk membuat soundtrack Mata Kedua dan Hati Kedua. Soalnya, penulis punya cita-cita menjadikan karya ini sebuah film. Doakan saja bisa terwujud, ya!!!

More info see this link http://andipublisher.com/sub-16-lomba-menulis-cerita.html

http://matahatikedua.com/

https://www.facebook.com/pages/Lomba-Menulis-True-Short-Story-Selamanya-Cinta/273253649457414

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s